Adsense

Rabu, 01 November 2017

5 Keuntungan Investasi Syariah Dibandingkan Investasi Konvensional

Bagi seorang muslim, menjalankan berbagai hal sesuai aturan agama merupakan hal penting. Investasi syariah menjadi solusi yang tepat di tengah maraknya berbagai pilihan investasi. Apalagi, investasi jenis ini juga memberikan beragam keuntungan yang tidak bisa ditemukan pada investasi konvensional.
Setidaknya, ada 5 keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi syariah, yakni:
1.    Investasi sesuai syariat Islam
Hal pertama dan paling penting dari investasi syariah adalah, kesesuaiannya dengan aturan syariat agama Islam. Investasi ini memenuhi berbagai kriteria, termasuk di antaranya adalah memiliki barang halal, dilakukan dengan cara halal, serta digunakan secara halal.
2.    Bebas riba
Selanjutnya, investasi ini memberikan perlindungan seorang investor dari ancaman riba. Hal ini berbeda dengan investasi konvensional yang sering bercampur dengan faktor riba. Hal ini sangat penting, terutama bagi umat Islam. Mengingat, riba merupakan salah satu dosa besar. Pelakunya pun mendapatkan ancaman azab, baik di dunia ataupun di akhirat.
3.    Lebih aman
Investasi jenis ini juga memberikan jaminan keamanan lebih tinggi. Alasannya, karena setiap investasi islami, harus menjauhi gharar atau pemberian informasi yang tidak lengkap. Gharar kerap dilakukan dengan tujuan untuk menyesatkan para calon investor.
Selain itu, investasi syariah juga harus menjauhi hal-hal yang maysir, transaksi yang mengandung unsur judi. Dengan begitu, investor bisa menyerahkan uangnya kepada pengusaha tanpa rasa khawatir.
4.    Didukung aturan perundang-undangan
Investasi syariah juga memiliki dasar hukum yang jelas, tercantum dalam UU Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Dalam praktiknya, penyelenggaran investasi mendapatkan pengawasan secara langsung dari Dewan Syariah Nasional MUI.
5.    Tak hanya untuk secara finansial, tapi juga secara sosial
Hal yang tidak kalah penting, investasi syariah juga memberikan manfaat besar secara sosial. Keberadaannya bisa membantu para pengusaha dalam memperluas usahanya. Selain itu, investasi ini juga memiliki peran dalam mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat. Keuntungan finansial diperoleh, pahala juga didapatkan.
Hanya saja, Anda perlu berhati-hati dalam memilih investasi syariah yang ingin digunakan. Tidak jarang, ada pula pihak secara sengaja menggunakan label syariah sebagai sarana penipuan. Jadi, waspada dalam berinvestasi merupakan hal yang mutlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Jasa Desain dan Pembuatan (Developer) Website Profesional di Jakarta

 Di era digital saat ini, memiliki situs web profesional sangat penting agar bisnis dapat berkembang dan sukses. Situs web yang dirancang de...