Adsense

Sabtu, 08 April 2023

Komponen, Cara Kerja Hingga Keunggulan Mesin Plastik Injeksi Yang Perlu Diketahui

 Terdapat berbagai produk atau barang-barang plastik yang terbuat melalui mesin plastik injeksi yang mungkin juga sudah sering anda temukan di sekitar. Mesin injeksi yang juga disebut dengan mesin Injection Molding ini adalah mesin yang ada pada suatu industri manufaktur plastik.

Meskipun sebenarnya teknologi tersebut juga diterapkan pada industri-industri lainnya. Banyak sekali perusahaan yang memerlukan teknologi ini dalam proses produksinya. Simaklah lebih lanjut terkait mesin plastik injeksi berikut, mulai dari pengertiannya sampai dengan keunggulannya.

Mengenal Injection Molding

Plastik injeksi atau injection molding adalah metode atau proses pembentukan material termoplastik, yang mana di sini material yang meleleh dikarenakan adanya pemanasan diinjeksikan oleh plunger ke cetakan yang didinginkan air. Kemudian nantinya akan mengeras dan dapat dikeluarkan dari cetakannya. Walaupun ada beragam variasi dari proses mendasarnya, sebagian besar plastik injeksi memproses material termoplastik.

Mesin plastik injeksi memiliki nilai fleksibilitas tinggi. Karena itu, mesin tersebut bahkan digunakan di dalam industri manufaktur yang berbasis proyek besar, misalnya produksi komponen pesawat terbang, bidang medis, hingga industri otomotif. Kemampuannya memproduksi dalam jumlah besar membuat metode ini cocok dalam produksi beragam jenis komoditas.

Nyatanya, banyak peralatan rumah tangga yang anda miliki saat ini bisa jadi terbuat dari adanya proses manufaktur melalui mesin injeksi plastik. Contohnya yakni printer, keyboard, sisir rambut, roda furniture, roda gigi, dan lain sebagainya.

Komponen Utama Mesin Plastik Injeksi

Anda tentu tak dapat melupakan komponen-komponen penting dan utama yang ada pada mesin plastik injeksi ini. Terdapat tiga komponen yang wajib untuk anda ketahui, berikut adalah macam-macam komponennya.

  1. Unit Injeksi

Ini adalah bagian penting dari mesin injection molding yang mana memiliki fungsi untuk melelehkan material plastiknya. Di sini terdiri dari hopper, screw, barrel, dan lain-lain. Hopper adalah tempat penampungan plastik. Jadi, ketika tahap persiapan, bahan plastik yaitu berupa biji plastik/palet dimasukkan ke hopper ini. Sedangkan screw atau rotary screw bertugas mengantarkan biji plastik ke proses injeksinya.

  1. Mold

Selanjutnya yaitu ada mold, yang merupakan bagian dari mesin injection moulding dimana plastik meleleh dicetak serta didinginkan. Pada proses moulding atau cetakan, cairan plastik yang telah diinjeksikan dibentuk sesuai bentuk dan juga ukuran yang telah dirancang sebelumnya.

  1. Unit Pencekam

Komponen utama yang ketiga adalah unit pencekam. Unit ini merupakan bagian dari mesin injection molding plastik yang fungsinya adalah untuk mencekam mold ketika waktu penginjeksian material ke cetakan. Sekaligus juga menyediakan mekanisme pengeluaran produk dari mold.

Komponen Pendukung Mesin Injeksi Plastik

Setelah anda memahami komponen utamanya, maka kali ini juga ada komponen pendukungnya. Terdapat yang namanya Panel Control yang berperan mengatur tekanan pada injeksi ketika menginjeksi bahan-bahan plastik. Di bawah ini fungsi-fungsi dari Panel Control di mesin injection plastik.

  • Mengakomodasi tekanan yang dibutuhkan berdasarkan pada rancangan cetakan
  • Pengaturan waktu injeksi material
  • Mengatur lamanya waktu proses pembekuan
  • Waktu pembukaan

Anda juga perlu mengetahui bahwa terdapat beragam jenis injection molding machine. Yaitu yang dibedakan berdasarkan metode pencekaman cetakan, proses pelelehan biji plastik, dan juga berdasarkan besar gaya pencekaman maksimum. Berdasarkan metode pencekaman cetakan terdapat pencekam toggle dan pencekam hidraulis.

Berdasarkan proses dari pelelehan biji plastik yaitu ada jenis single-stage plunger, two-stage screw plunger, serta jenis single-stage reciprocating-screw. Sedangkan berdasarkan besar gaya pencekaman maksimum ini ada jenis mesin pencekaman 5 ton dan mesin pencekaman 5000 ton. Tahukah anda bahwa juga ada jenis mesin injeksi plastik mini yang kini sudah banyak dijual.

Jenis tersebut berkaitan dengan penggunaan di skala kecil misalnya rumah tangga dan mesin injeksi plastik rumahan dapat menjadi pilihan tepat. Itulah berbagai komponen serta jenis-jenis injection molding machine.

Cara Kerja Mesin Injeksi Molding

Seperti yang diketahui, mesin ini memiliki 3 komponen yang utama yaitu hopper, screw atau ulir dan juga barrel. Mesin akan bekerja yaitu dengan cara mengambil butiran plastiknya, hopper menerima butiran plastik tersebut dan terjadilah gesekan di screw yang mengakibatkan panas. Ketika plastik bisa mencapai suhu yang diinginkan, setelah itu diinjeksi ke rongga cetak.

Kemudian akan mendingin dan bisa membentuk pola berdasar pada desain cetakan. Prinsip dasar injection molding tampak sederhana, namun nyatanya tingkat kerumitan sangat tinggi dengan memerlukan berbagai perlengkapan yang tepat serta keahlian tinggi. Meski demikian, saat cara kerja dijalankan dengan tepat, mesin plastik injection mampu konsisten memproduksi output yang maksimal pada proses manufaktur yang berbasis proyek menantang.

Proses Injeksi Molding

Sebenarnya ada beberapa variasi pada proses injeksi molding ini, berdasarkan pada bentuk serta jenis produk plastiknya yang nantinya akan dibuat. Namun, untuk secara garis besarnya proses injeksi molding yaitu :

  • Posisi di awal cetakan yaitu terbuka penuh, diatur sedemikian rupa supaya memungkinkan hasil produk dapat dikeluarkan dengan mudah
  • Termoplastik berupa butiran/bubuk akan ditampung ke hopper lalu nanti akan turun ke barrel secara otomatis dikarenakan gaya gravitasi dimana itu dilelehkan oleh pemanas pada dinding barrel dan juga oleh gesekan dari perputaran sekrup injeksi
  • Dimulai proses fill injection, dimana plastik yang telah meleleh diinjeksikan sekrup injeksi melalui nozzle ke cetakan yang didinginkan air
  • Proses isi ulang serta pendinginan
  • Waktunya membuka cetakan (Mold Open). Produk yang telah dingin serta mengeras akhirnya dikeluarkan dari cetakan.

Kelebihan Injection Molding Machine

Mesin ini mempunyai tingkat presisi yang sangat tinggi dengan bisa mengurangi tingkat kesalahan pada manufaktur menjadi minimum. Selain itu, tingkat kompleksitasnya lebih terperinci, mampu memproduksi bagian yang rumit sekalipun. Memungkinkan ketahanan lama serta keandalan yang bagus, prosesnya juga terotomasi untuk dapat menghindari adanya human error.

Tak hanya itu, juga menambah efisiensi biaya, dan juga ramah lingkungan sehingga tak menghasilkan limbah. Apakah anda sedang mencari solusi terbaik untuk produksi plastik injeksi? Maka pastikan anda memilih yang profesional serta banyak berpengalaman, misalnya di Harmonic Plasindo Jaya. Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah bertahun-tahun bergerak di bidang plastik injeksi, PT Harmonic Plasindo Jaya dipercaya memiliki profesionalisme tinggi, kejujuran, kerja sama, dan menjunjung tinggi kepuasan pelanggan.

Mengapa anda harus memilih Harmonic Plasindo Jaya? Karena selain puluhan tahun menggeluti bidangnya, biaya yang ditawarkan kompetitif, pengiriman tepat waktu, dan dapat memberi anda hasil terbaik. Sudah terdapat banyak sekali produk terbaik yang dihasilkannya, tentu dengan teknologi tinggi dengan tetap melakukan inovasi serta evaluasi terus-menerus sehingga tercipta output yang lebih maksimal.

Percayakan produksi plastik injeksi anda dengan perusahaan yang terpercaya untuk meraih kualitas yang tinggi pada produk yang dihasilkan. Karena dengan pemilihan yang tepat, tentu akan membangun kepuasan yang tinggi tak hanya bagi pelanggan, namun juga perusahaan.

Anda telah selesai menyimak berbagai hal yang berkaitan dengan plastik injeksi terutama tentang mesinnya, dari pengertian sampai dengan keunggulan dari mesin molding injection. Dari pembahasan tersebut anda jadi tahu bahwa keberadaan mesin ini memang sangat diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan manusia dan di dalamnya terdapat prosedur serta komponen penting. Tak heran banyak perusahaan yang membutuhkan mesin plastik injeksi tersebut.

Tags:

mesin plastik injeksi, injection molding, molding, plastik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bisacpns - Aplikasi berbasis website untuk try out ujian soal cpns pppk online 2024

  Bisacpns - Aplikasi berbasis website untuk try out ujian soal cpns pppk online 2024 Ujian CPNS merupakan ujian yang sangat kompetitif dan ...