Adsense

Sabtu, 08 April 2023

Kelebihan Menggunakan Pabrik Plastik Injeksi

 Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan bahan plastik sebagai alat perabotan rumah tangga, cukup banyak diminati masyarakat. Selain bahan yang praktis dan ekonomis, bahan plastik juga memberikan kenyaman bagi penggunanya karena tidak mudah pecah. Untuk dapat menghasilkan suatu produk berkualitas dalam jumlah yang banyak, biasanya perusahaan besar menggunakan mesin injeksi plastik.

Jenis mesin injeksi plastik

Mesin yang biasa digunakan adalah jenis vertikal dan horizontal. Dengan jenis injeksi tunggal, injeksi multi, dan injeksi khusus. Pada injeksi tunggal produk cetakan menggunakan satu bahan pada proses percetakan.

Kelebihan mesin plastik injeksi

PT Harmonic Plasindo Jaya adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri plastik sejak tahun 1987. Menggunakan mesin injeksi plastik berkualitas, sehingga mampu menghasilkan beragan produk yang berkualitas dan beraneka ragam bentuk hingga warna.

Produk yang diproduksi oleh perusahaan Harmonic Plasindo Jaya ini sudah terpercaya dan tidak diragukan lagi. Dengan tenaga anggota yang berpengalaman dan di dukung dengan peralatan teknologi canggih mampu menunjang kesempurnaan kualitas produk yang dihasilkan.

Dengan penggunaan mesin injeksi, selain mampu menghasilkan produk berkualitas. Berikut ini kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin tersebut:

1. Dibandingkan dengan mesin lain, proses yang dilakukan oleh mesin ini lebih cepat

2. Dapat menggunakan berbagai macam bahan plastik dan berbagai warna

3. Sisa dari percetakan dapat digunakan kembali, sehingga meminimalisir bahan yang terbuang

4. Proses percetakan sudah terkontrol, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja

Cara kerja mesin injeksi plastik

1. Posisi awal cetakan adalah terbuka lebar, yang memungkinkan produk cetakan untuk mudah di ambil.

2. Butiran termoplastik atau bubuk ditampung pada hopper kemudian turun melalui proses pemanasan pada dinding barrel hingga meleleh. Suhu panas yang dihasilkan dari gesekan perputaran sekrup mampu menaikkan suhu dinding barrel.

3. Proses pengisian atau injeksi atau biasa dinamakan fill injection. Hasil lelehan dari termoplastik yang sebelumnya akan disalurkan melalui nozzle menuju ke cetakan yang sudah disediakan, kemudian di dinginkan menggunakan air.

4. Isi ulang dan pendinginan cetakan atau nama lainnya proses charging and colling adalah proses pengisian cairan pada cetakan siklus selanjutnya, yang langsung didinginkan di dalam barrel.

5. Setelah cetakan di dinginkan, cetakan dapat diambil dan dikeluarkan. Cetakan pada produk yang sudah dingin dan mengeras siap di sortir.

Meskipun mesin ini dapat bekerja secara otomatis dengan tenaga kerja yang relatif rendah, tentunya tetap diperlukan kontrol untuk mencegah terjadinya kesalahan pada mesin injeksi.

Demikian penjelasan mengenai mesin injeksi plastik, mulai dari jenisnya, kelebihan dari mesin injeksi, hingga cara kerja dari mesin yang digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang plastik.

Tags:  mesin injeksi plastik, kelebihan, jenis, cara kerja, efisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Aplikasi Web Online Terbaik Untuk Belajar Soal Ujian CPNS & PPPK Online

   Aplikasi Web Online Terbaik Untuk Belajar Soal Ujian CPNS & PPPK Online Menyongsong seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Peg...