Adsense

Minggu, 14 Desember 2014

YUK , KENALI BAHAN DENIM


 http://www.plasabusana.com/


Sedikit lagi memasuki tahun 2015 , dan kata nya pakaian yang berbahan Denim sedang tren di 2015 nanti . sebelum kita memakai baju , celana atau rok berbahan denim . sebaiknya kita mengetahui apa itu bahan denim dan asal mula nya bahan denim . Yuk simak berikut :)

Kain denim merupakan kain yang terbuat dari bahan alam yaitu kapas atau populer disebut katun ( cotton ). Kain ini dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu.

Denim pada mulanya digunakan untuk keperluan pelayaran dan bukan untuk busana. Penggunanya kebanyakan industri pelayaran Perancis dan Republik Genoa yang sekarang menjadi bagian Italia modern.
Pada tahun 1800 an di Genoa dicoba membuat celana dari bahan kain denim ini. Ternyata celana dari denim ini banyak yang menyukai tidak hanya masyarakat Genoa melainkan juga warga Perancis.


Kain Denim. Dry Denim ( Raw denim ) atau kain denim kering yaitu kain denim yang tidak dicuci setelah proses pewarnaan. Jika untuk produksi tapi denim dicuci terlebih dahulu setelah pewarnaan termasuk Washed Denim. Sebenarnya nyaris tak ada bedanya karena pencucian untuk melembutkan kain dan menghilangkan zat -zat kimia efek pewarnaan. Bentuk kainnya ya seperti produk busana Jeans itu.

Selvage Denim / selvedge denim merupakan jenis kain denim yang tehnik penenunannya khusus untuk menghasilkan kain denim yang lebih ringan dan lembut. Pewarnaan kain denim ada dua cara yaitu dengan pewarna Indigo ( cara tradisional ) untuk menghasilkan warna biru, dan cara pewarnaan Sulphur untuk menghasilkan warna non biru.
Sekarang kain denim disamping murni katun juga bisa ditambah atau dicampur polyester, lycra, rayon dll.

Pembuatannya juga mengkombinasikan kain denim dengan kain lain agar semakin menarik.
Produsen kain denim terbesar di dunia dipegang oleh Nien Hsing Textile Co.Ltd asal Taiwan dengan produksi total mencapai 9 juta yard per bulan. Perusahaan ini tidak hanya memiliki lokasi pabrik di Taiwan tapi juga di seluruh dunia terutama di Lesotho Afrika dan Nikaragua Amerika Tengah .

Itulah penjelasan bahan denim , ternyata bahan denim tidak beda jauh dari jeans ya .
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Tips Melakukan Packing Saat pindahan, Bisa Gunakan Jasa Pindahan Apartemen Lho!

Ruangan yang penuh terisi dengan barang-barang yang akan digunakan tentu akan memudahkan pekerjaan kedepannya. Dimana, Anda tidak perlu bepe...