Adsense

Kamis, 30 Maret 2023

Kenali Berbagai Jenis Mesin Plastik Injection Lengkap Kelebihannya

  Sudah tahu tentang mesin plastik injection? Jenis mesin satu ini biasa dikenal dengan injection molding plastik. Injection molding merupakan salah satu teknik pencetakan paling umum untuk menghasilkan produk plastik dalam berbagai industri. Dalam dunia industri terdapat berbagai macam mesin injeksi dengan kelebihan masing-masing.

Pada umumnya mesin plastik injeksi dikategorikan menjadi 3 hal yakni hydraulic injection molding, hybrid injection molding, dan electric injection molding. Bagaimana kelebihan dari ketiga jenis mesin injeksi tersebut? Berikut ini penjelasan dari jenis mesin injection yang banyak digunakan dalam dunia industri tersebut.

Mesin Hydraulic Injection Molding

Mesin injection dari bahan plastik menggunakan tenaga hidrolik merupakan sejenis mesin yang pertama kali dan paling umum digunakan sebelum injection molding elektrik. Mesin tersebut sudah diperkenalkan langsung oleh perusahaan Nissei Industrial Co.LTD mulai tahun 1983.

Mesin injection umumnya menggunakan silinder hidrolik untuk menjepit 2 bagian mold dengan tekanan tinggi. Mesin satu ini mampu mengontrol gaya penjepit sampai kapasitas melebihi 8.000 ton dan bisa membuat komponen plastik melebihi 8.000 ton. Mesin injeksi hidrolik bisa membuat komponen plastik dengan bobot melebihi angka 22 kg.

Kelebihan yang ditawarkan oleh mesin injeksi hidrolik meliputi gaya jepit lebih besar untuk membuat komponen plastik ukuran besar, tahan kerusakan, rasio injeksi lebih baik, dan harga belinya jauh lebih terjangkau. Tertarik menggunakan mesin injeksi hidrolik satu ini.

Mesin Elektrik Injection Molding

Mesin plastik injection sudah dioperasikan dengan listrik sejak tahun 1980-an. Keberadaan mesin menjadi booming dalam waktu cepat, sehingga banyak diburu oleh masyarakat. Mau tahu apa saja kelebihan menggunakan mesin injeksi elektrik? Mesin menawarkan kebutuhan energi yang lebih efisien bisa mulai persentase 30% sampai dengan Rp70%.

Kecepatan dari mesin injeksi sudah mencapai 800 mm/detik, sehingga bisa digunakan untuk beroperasi lebih bersih tanpa harus menggunakan oli. Mesin elektrik memang memiliki prinsip tidak asing dibandingkan dengan mesin hidrolik. Sebagai mesin yang dioperasikan dengan menggunakan listrik, sudah pasti harganya dibanderol dengan harga lebih mahal.

Kira-kira apa kelebihan yang dinamakan dengan mesin injeksi molding? Anda bisa melakukan desain produk dengan waktu lebih leluasa. Proses loop tertutup dengan waktu respons yang tentunya lebih cepat. Mesin plastik kinetic bisa mencapai ROI lebih cepat dan samgat efisien. Tidak hanya itu, elektrik injection molding membutuhkan cooling dalam waktu cepat.

Mesin Hybrid Injection Molding

Mesin hybrid molding adalah sejenis mesin hidrolik yang menggabungkan keunggulan kekuatan penjepitan mesin hidrolik secara presisi, tidak bising, dan efisiensi energi. Hal inilah yang membuat mesin hybrid menghasilkan produk plastik dengan dinding sangat tipis.

Kelebihan mesin plastik injection diantaranya bisa mencapai ROI lebih cepat, waktu cooling sangat singkat, dan responnya juga cepat. Mesih hybrid molding juga terkenal memiliki desain produk yang lebih leluasa pastinya. Jika anda membutuhkan pengadaan teknologi mesin, segera hubungi https://hpj.co.id/ dari PT Harmonic Plasindo Jaya.

Tags: Mesin, Plastik, Injection

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bisa cpns - Platform aplikasi untuk latihan try out ujian soal cpns pppk online 2024

   Bisa cpns - Platform aplikasi untuk latihan try out ujian soal cpns pppk online 2024 Mendekati tahun 2024, banyak calon PNS yang bersiap ...