Adsense

Sabtu, 18 Oktober 2014

Atasi Anak Cacingan Dengan Obat Yang Tepat

Kita tahu bahwa tidak sedikit dari anak, apalagi anak balita terkena cacing . Sebagai orang tua yang baik perlu memberi obat yang terbaik. Penyakit cacing ada beberapa macam tergantung dari jenis cacingnya sendiri, karena cacing bisa menyerang organ lain juga selain organ usus. Tapi segala penyakit cacing bisa diidentifikasi penyebabnya dari pemeriksaan telur atau larva atau cacing dalam tinja si penderita. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di rumah sakit. Pengidentifikasian jenis cacing akan memudahkan menentukan obat dan langkah penyembuhan apa yang diperlukan.




                                http://www.plasabusana.com







Obat cacing (antihelmetika) adalah obat untuk memusnahkan cacing-cacing dalam tubuh manusia maupun hewan. Efek yang diharapkan dari obat macam ini tergantung dari jenis cacing dan letak kolonisasinya. Terhadap cacing yang ada di rongga usus, digunakan obat yang reabsorpsinya kecil, sehingga kadar obat dalam usus tinggi. Sedangkan terhadap cacing yang dapat menembus usus dan merayat ke jaringan dan organ lain, seperti misalnya cacing gelang, diperlukan obat yang direabsorpsi dengan baik ke darah sehingga kadar obat saat mencapai jaringan atau organ yang diserang cukup untuk mematikan cacing.

Obat cacing ada yang broad-spectrum (dapat untuk semua / beberapa jenis cacing sekaligus), seperti mebendazol,piperazin dan pirantel; dan ada yang narrow-spectrum (untuk salah satu jenis cacing saja), seperti pirvinium (untuk cacing kremi), befenium (untuk cacing tambang), dan nikloamida (untuk cacing pita). Tapi kebanyakan produk obat cacing yang ada di pasaran adalah jenis broad-spectrum (silakan lihat sendiri di komposisi obat).

Obat cacing sebenarnya bisa untuk orang segala usia, hanya untuk anak dibawah 2 tahun, harus ekstra hati-hati, karena obat cacing ini bekerja dalam jaringan dan organ tubuh, dan kita tahu bahwa jaringan dan organ dalam tubuh anak-anak masih rentan terhadap obat. Tapi saya anjurkan untuk menggunakan obat cacing yang memang untuk anak, karena obat tersebut memang diformulasikan dengan dosis untuk anak (maksud saya, dosis obat adalah dosis untuk anak-anak). Dan lagi, perlu diketahui, obat pada produk untuk anak, biasanya diformulasikan supaya lebih bisa ditoleransi olah tubuh anak.


Semoga bermanfaat untuk Anda semua :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bisa CPNS - Aplikasi berbasis website simulasi tes CPNS PPPK 2024

   Bisa CPNS - Aplikasi website simulasi tes CPNS 2024 Sekilas tentang aplikasi website simulasi tes CPNS Aplikasi website simulasi tes CPNS...