Adsense

Jumat, 04 Oktober 2013

nilah Perlengkapan dan Biaya Pasang Solar Energi di Rumah



Solar energi merupakan pengembangan energi ramah lingkungan yang sedang berkembang dalam beberapa tahun terakir. Solar energi Indonesia seringkali digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga surya. Hal ini juga bahkan sudah menjadi hal lazim yang digunakan oleh beberapa masyarakat.
Solar energi memiliki keunggulan ramah lingkungan serta memiliki sumber energi yang bisa dikatakan tidak terbatas, karena berasal dari sinar matahari. Selain itu, solar energi Indonesia dapat sedikit menghemat listrik dirumah anda. Dengan menyambungkan sumbes listrik rumah dengan batrei yang telah menyimpan energi surya melalui panel-panel yang biasa dipasang di atas rumah.
Perlengkapan yang di perlukan
Memasang solar energi di rumah memang merupakan pekrjaan yang tidak mudah. Solar energi Indonesia memerlukan peralatan yang tidak sedikit untuk memasangnya.
  1. Panel surya
Panel surya merupakan alat yang terdiri dari beberapa sel surya atau solar cell yang berungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik.
  1. Accu
Accu berfungsi sebagai alat penyimpan daya listrik yang diperoleh dari panel surya. Listrik tersebut berjenis DC.
  1. Solar charge controller
Seperti Namanya solar charge controller (scc) berfungsi sebagai pengendali masuknya listrik dari panel surya kedalam batrei, sehingga batrei/accu lebih awet.
  1. Inverter/converter DC-AC
Alat ini berfungsi sebagai pengubah daya dari batrei yang semula DC menjadi AC.hal ini karena beberapa peralatan rumah menggunakan model AC.
Jumlah biaya yang dikeluarkan
Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memasang solar energi Indonesia tergantung dari jumlah waat dari listrik yang diinginkan. Jumlah waat juga menentukan seberapa banyak panel surya akan dipasang dan seberapa besar kapasitas batrei accu tersebut.
Biasanya beberapa jasa yang menwarkan pemasangan mematok harga sekitar 35-40 jutaan untuk listrik dengan kapasitas 1200 wp Sedangkan listrik dengan kapasitas 2000 wp dipatok seharga 45-50 juta. Harga yang terbilang cukup mahal, namun dengan harga tersebut, dapat menghemat sampai 40% pemakaian serta biaya dari listrik dengan daya yang sama.
Memasang system solar energi memang membutuhkan banyak biaya. Tapi dengan manfaat yang ditawarkan, tentu ini dapat menjadi pilihan yang di pertimbangkan.  
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Aplikasi Web Online Terbaik Untuk Belajar Soal Ujian CPNS & PPPK Online

   Aplikasi Web Online Terbaik Untuk Belajar Soal Ujian CPNS & PPPK Online Menyongsong seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Peg...