Adsense

Jumat, 04 Oktober 2013

Mengenal Solar Energi, Terobosan Energi Masa Depan

Pengembangan energi ramah lingkungan sedang menjadi perbincangan hangat dalam beberapa tahun terakir ini. Selama ini manusia sudah terlalu lama bergantung pada energi dari dalam tubuh bumi seperti minyak, gas, dan hasil-hasil bumi lainnya untuk menyukupi kebutuhan energi manusia. Dalam beberapa tahun terakir pengembangan energi lain, gencar dilakukan diberbagai negara salah satunya adalah solar energi Indonesia.
Solar energi sendiri merupakan sebuah terbosan energi masa depan, dimana sudah sejak lama manusia terlalu bergantung kepada minyak bumi  maupun hasil dari dalam bumi yang tentu saja dapat habis dalam beberapa periode kedepan. Solar energi Indonesia hadir sebagai salah satu terobosan energi yang tidak bergantung kepada sumber daya tersebut.
Solar energi memanfaatkan sinar matahari sebagai daya utama dalam menghasilkan energi untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan listrik sampai dengan kebutuhan akomodasi seperti kendaraan.
Konsep solar energi untuk kebutuhan kelistrikan sangat sederhana, panel surya yang merupakan alat penambang dari solar energi Indonesia dihubungkan dengan sebuah kabel menuju sebuah batrei ataupun penyimpan daya lainnya yang kemudian disalurkan menuju alat-alat listrik rumah tangga ataupun lainnya. 
Produk-produk yang menggunakan solar energi
Solar energi di Indonesia memang masih dalam tahap awal pengembangan, sehingga beberapa alat-alat yang menggunakan solar energi tidak terlalu banyak jumlahnya. Beberapa produk yang mungkin anda kenal menggunakan solar energi sebagai daya utama penggunaanya seperti, lampu jalan, generator pembangkit listrik rumahan, dan produk lainnya.
Lampu jalan mungkin menjadi salah satu produk yang sering anda temui sebagai salah satu alat yang memanfaatkan teknologi solar energi Indonesia. Anda sering kali melihat lampu jalan yang terdapat seperti genteng diatas lampunya, itu merupakan alat panel surya penampung sinar matahari yang digunakan sebagai sumber daya utama lampu tersebut.
Selain itu, dinegara-negara maju solar energi telah berkembang pesat dalam kurun waktu beberapa decade saja. Ditandai dengan diluncurkannya mobil listrik pertama untuk konsumsi pasar didunia pada tahun 2012  oleh General Motor sebagai produsen, atau yang biasa dikenal dengan merk Tesla oleh Sebagian kalangan.
Perkembangan solar energi memang sangat menarik untuk disimak. Entah revolusi-revolusi apa lagi yang mungkin akan terjadi dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Pilih Jasa Packing Barang yang Terbaik Menggunakan Tips Berikut Ini

  Jika Anda ingin memakai jasa packing profesional , maka ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dulu. Anda dapat memilih jasa peng...